Cardlez Artikel / 

Definisi dan Jenis Mobile Banking yang Bisa Dipakai Nasabah

18 November 2021

Hidup di zaman serba modern seperti sekarang ini, membuat seseorang kini lebih mudah dalam melakukan aktivitas transaksi online menggunakan mobile banking atau mBanking. Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa itu mobile banking yang banyak diklaim pengguna sebagai salah satu cara paling praktis dalam bertransaksi? Agar Anda lebih paham, ada baiknya menyimak artikel tentang definisi dan jenis – jenis mBanking di bawah ini.

mobile banking

Definisi lengkap tentang mobile banking 

Umumnya, mobile banking adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh pihak layanan tertentu untuk memudahkan bagi para pengguna / nasabah dalam melakukan transaksi secara online. Dalam praktiknya sendiri, nasabah yang ingin melakukan transaksi (transfer uang, isi pulsa, token listrik dan lain – lain) menggunakan mobile banking / mBanking ini nantinya perlu memanfaatkan perangkat smartphone dan juga teknologi internet. 

Dengan adanya fasilitas mBanking ini, maka nasabah nantinya tidak perlu lagi repot – repot keluar rumah ke ATM untuk bisa melakukan berbagai transaksi keuangan seperti transfer uang, berbelanja sampai dengan membayar kebutuhan hidup sehari – hari. Hal ini lantaran mobile banking memiliki kegunaan penting bagi nasabah seperti berikut ini :

  • Memudahkan nasabah melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi pembelian yang dilakukan.
  • Dapat memungkinkan sistem pembayaran transaksi keuangan dari satu orang ke orang lain.
  • Memberikan informasi keberadaan ATM atau kantor cabang terdekat.
  • Menyediakan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan sesuai permintaan nasabah.
  • Memudahkan nasabah melakukan pembayaran tagihan elektronik sepeti bayar paket internet, TV kabel, bayar tagihan listik dan berbagai layanan lainnya.

Bagaimana sistem kerja mobile banking?

Membahas mengenai cara kerja dari mobile banking umumnya hampir sama dengan proses transaksi online lain. Hanya saja, ada perbedaan yang mendasar dimana mobile banking ini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat smartphone dan internet. Sehingga, pengguna nantinya tidak perlu susah ataupun repot untuk mendatangi mesin ATM ketika ingin melakukan transaksi.

Untuk menggunakan aplikasi mobile banking ini cukup mudah dilakukan. Dimana, pengguna / nasabah tinggal melakukan proses pendaftaran akun terlebih dahulu. Jika nantinya sudah terdaftar, maka pengguna dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dengan cara memasukkan user ID atau password dan PIN untuk menyelesaikan proses transaksi yang dilakukan. 

Apa saja fitur dan kelebihan yang ditawarkan mBanking?

Hadir sebagai salah satu solusi alternatif untuk memudahkan pengguna dalam melakukan proses transaksi, mBanking sendiri juga menyediakan beberapa fitur dan kelebihan yang terbukti unggul seperti di bawah ini.

Fitur aplikasi mBanking :

  • Layanan transfer antar bank dengan mudah dan cepat.
  • Layanan pembayaran tagihan kartu kredit pengguna.
  • Layanan pembayaran pajak, premi BPJS dan asuransi swasta lainnya.
  • Layanan pembayaran berbagai kebutuhan sehari – hari seperti misalnya tagihan listrik, PDAM, paket internet dan lain – lain.
  • Layanan pembelian dan top up berbagai dompet digital seperti OVO, LinkAja, Gopay dan lain sebagainya. 
  • Layanan proses administrasi perbankan seperti halnya cetak rekening koran, penggantian PIN ATM dan berbagai layanan lain.

Kelebihan aplikasi mBanking :

  • Dapat diakses dengan mudah dimana pun dan kapan pun sesuai keinginan pengguna.
  • Memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas.
  • Tersedia fitur yang simpel dan mudah dipahami semua kalangan pengguna.
  • Biaya penggunaan aplikasi lebih terjangkau.
  • Mampu meminimalisir terjadinya risiko penipuan karena penggunaannya yang terbilang aman.
  • Mampu menghemat waktu dan biaya pengguna.
  • Aplikasi yang efisien karena pengguna hanya perlu menggunakan smartphone dan koneksi jaringan internet untuk melakukan transaksi.
mobile banking

Apa perbedaan internet banking dan mobile banking?

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu mobile banking di atas, kini pertanyaannya adalah tahukah apa perbedaan mBanking dengan internet banking? Meskipun sama – sama memanfaatkan koneksi jaringan internet, akan tetapi baik mobile banking dan internet banking ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Agar lebih paham, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini. 

1. Perbedaan cara mendaftar

Pada mobile banking, pengguna diharuskan untuk mengirim SMS sesuai format yang ditentukan oleh pihak bank setelah mengunduh aplikasi tersebut di smartphone. Setelah itu, maka pengguna akan diminta untuk membuat identitas dan password yang nantinya akan dipakai untuk bisa mengakses layanan perbankan.

Sementara pada internet banking pengguna diharuskan mendaftar melalui ATM atau pada pihak bank yang bersangkutan. Nantinya, pengguna diminta untuk memasukkan kartu debit – masukkan PIN – pilih banking internet – mengikuti panduan mendaftar. Jika sudah, maka terakhir tinggal melakukan aktivasi internet banking dengan cara proses login ke situs bank.

2. Perbedaan cara akses

Untuk mengakses mobile banking, ada dua cara yang bisa dilakukan pengguna. Yang pertama, pengguna tinggal mengunduh aplikasi mBanking di smartphone terlebih dahlu. Sementara cara yang kedua yang bisa dipilih yang dengan memanfaatkan menu provider untuk bisa mengakses layanan mobile banking tersebut. 

Hal ini jauh berbeda dengan layanan internet banking dari segi aksesnya. Sebab, pengguna yang ingin melakukan transkasi lewat internet banking ini cukup dengan membuka situs dari bank yang digunakan.

Macam – macam aplikasi mobile banking yang bisa dipakai nasabah

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi dari mobile banking sendiri, ada baiknya untuk mengetahui jenis – jenis dari aplikasi tersebut di bawah ini :

1. Aplikasi mBanking native 

Yakni aplikasi yang dibangun secara spesifik untuk penggunaan sistem operasi tertentu. Pada perangkat native ini memiliki keunggulan dari segi performanya yang tinggi dan menawarkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. 

2. Mobile banking web

Merupakan aplikasi yang dapat berjalan menggunakan bantuan situs browser berupa HTML5, JavaScript atau CSS. Aplikasi ini umumnya dirancang secara responsif sehingga membuat tampilannya dapat menyesuaikan layar perangkat pengguna.

3. Aplikasi mobile banking hybrid

Hybrid ini dikatakan sebagai kombinasi dari dua aplikasi native dan web. Dimana, aplikasi ini memuat kode back-end, native shell dan tampilan web. Dari segi penggunaannya, aplikasi ini dinilai lebih mudah dan cepat untuk dikembangkan daripada aplikasi native.  

Berbagai manfaat mobile banking bagi nasabah

Tidak hanya diklaim mampu mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan saja, penggunaan mobile banking ini ternyata memiliki banyak manfaat di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Mampu menghemat waktu

Salah satu manfaat utama dalam penggunaan mobile banking ini yakni dapat menghemat waktu bagi para nasabah dalam melakukan berbagai transaksi seperti halnya transfer dana, cel saldo, membuat deposito dan lain – lain. Sebab, nasabah tidak perlu mendatangi ATM atau bank yang mungkin jauh dari tempat tinggal.

2. Sebagai aplikasi mobile paling praktis

Jika Anda tidak ingin aktivitas sehari – hari terganggu dengan adanya pembayaran tagihan rumah, maka aplikasi mobile banking bisa menjadi solusi paling mudah dan praktis. Sebab, Anda hanya perlu melakukan pembayaran tagihan melalui perangkat smartphone dan juga koneksi jaringan internet saja.

3. Mampu memantau transaksi dan saldo rekening 24 jam full non stop

Tidak perlu bolak – balik ke pihak bank ataupun ATM, kini nasabah bisa melakukan pemantauan adanya proses transaksi dan juga saldo rekening secara real time dengan aplikasi mobile banking yang memberikan layanan selama 24 jam full non stop. Tentu saja, ini menjadi pilihan menarik yang wajib Anda coba nantinya, bukan? 

4. Proses pendaftaran mBanking gratis

Jika Anda berpikir mendaftar aplikasi mobile banking dikenakan biaya, maka jawabannya salah besar. Mengapa demikian? Sebab, mBanking yang ditawarkan oleh pihak bank sendiri umumnya tidak memungut biaya sepeser pun dari nasabah baik itu mulai dari proses pendataran, aktivasi aplikasi hingga administrasi bulanan.

5. Memberikan kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan

Tidak hanya nyaman digunakan oleh pengguna di perangkat smartphone, mobile banking ini juga memberikan keamanan dari fitur – fitur yang disediakan. Adapun dalam fitur ini terdapat kode verifikasi, PIN dan juga sistem keamanan yang memang telah mendapat standarisasi dari pihak bank langsung. 

Meskipun memiliki banyak manfaat yang ditawarkan, Anda juga perlu tahu bahwa menggunakan mobile banking ini perlu memperhatikan beberapa hal seperti misalnya mengaktifkan notifikasi pemberitahuan, lakukan penggantian PIN dan password secara rutin, menghindari akses mBanking dengan WiFi dan VPN serta hal lain.  

Dari penjelasan lengkap mengenai apa itu mobile banking serta jenis – jenis aplkasinya di atas, Anda yang tertarik untuk menggunakan layanan mBanking ini bisa memilih aplikasi Cardlez. Adapun untuk mengetahui proses pendaftaran serta mengenal kelebihan dari aplikasi tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi alamat websitenya langsung di https://cardlez.com/

Hubungi Kami Jika Anda memerlukan Bantuan

PT. Invelli Solusindo

WTC 3, Spaces
Jl.Jendral Sudirman Kav.29-31
Jakarta Selatan, 12920
COPYRIGHT © 2021 PT.INVELLI SOLUSINDO ALL RIGHTS RESERVED
Ikuti Social Media Kami